Langgudu- Sabtu, 03 Juni 2023. Telah dilaksanakan pelatihan dan kaderisasi Da'i se-Kabupaten Bima dalam rangka menebalkan pemahaman agama para Da'i dan mengkanter pemahaman-pemahaman aliran sempalan yang akhir-akhir ini begitu marak baik di media sosial maupun juga pada masyarakat.  Kegiatan ini merupakan kerjasama MUI Kabupaten Bima dan Baznas Kabupaten Bima serta melibatkan berbagai elemen seperti Desa dan Kecamatan. 


Pelatihan dan kaderisasi Da'i se-kabupaten Bima ini mengusung tema "Peningkatan Pompetensi Da'i sebagai Penggerak Dakwah Demi Terwujudnya Program Bima Ramah". Sejalan dan mengaktualisasikan program pemerintah dalam hal ini Kabupaten Bima sebagai Bima Ramah. Bima Ramah adalah visi singkat dari Bima Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal. Melalui visi ini sepantasnya “penyakit-penyakit yang menggerogoti satu tubuh manusia” tidak menyandra Bima. Bima tidak dalam kondisi sekarang jika visi tersebut diwujudkan dengan penuh kejujuran, integritas dan rasa tanggungjawab.


Pembukaan acara dimulai pada pukul 08.00 dengan rangkaian acara pembukaan, pembacaan kalam Ilahi, kata pengantar ketua panitia pelaksana, sambutan Camat langgudu sekaligus membuka dengan resmi, kemudian doa dan istirahat. Pada pukul 09.00 dimulailah materi pertama dengan tema kebijakan umum MUI tentang peningkatan mutu Dai se-kabupaten Bima yang disampaikan oleh TG. H. A. Rahim Haris MA. dan dipandu oleh sekretaris MUI Kabupaten Bima yaitu Drs. H. Abd. Muin, M. Pd.  sementara untuk pemateri kedua diisi oleh Drs. H. Syatur H. Ahmad dengan tema Urgensi Pelaksanaan Tugas Dakwah dan moderatornya Muhammad Said S.Pd.I..  selanjutnya materi ketiga dengan materi Metodologi Dakwah dengan pemateri Drs. H. Imran, M.Pd. dan dipandu oleh Drs. H. Abd. Muin, M.Pd. Setelah Tiga pemateri menyampaikan materinya dengan luar biasa dilanjutkan dengan sesi tanya jawab hingga memasuki waktu Shalat Zuhur lalu istirahat.


Kemudian setelah istirahat dilanjutkan dengan materi ke-4 dengan tema Meningkatkan Kesadaran Berzakat.  Materi keempat ini disampaikan oleh Ketua Baznas Kabupaten Bima Drs. H. Zainuddin, MM. yang dipandu oleh Muhammad Said, S.Pd.I. kemudian materi ke-5 juga masih mengenai zakat sebagai pemateri wakil ketua III Baznas Kabupaten Bima Dr. Abdul Munir, M.Pd.I. 
Pada sesi ke-5 ini terjadi diskusi sengit antara pemateri dan peserta di mana peserta begitu antusias dengan kajian-kajian hangat terkait materi zakat yang disampaikan oleh Doktor Abdul Munir dan ini berlangsung hingga waktu Ashar 

Di akhir sesi kegiatan, Dr. Munir melakukan refleksi kepada para peserta dengan tiga pertanyaan pemantik 1. Bagaimana perasaan peserta setelah mengikuti pelatihan dan kaderisasi pada hari ini. 2. apa saja pengetahuan yang telah didapatkan setelah mengikuti pelatihan ini. 3 Bagaimana rencana ataupun penerapan terkait pengetahuan yang telah didapatkan pada kegiatan ini.
Kesimpulan dari jawaban para peserta, di mana mereka sangat bahagia, gembira, semangat dan antusias terhadap kegiatan yang diadakan oleh MUI Kabupaten BIma dan Baznas Kabupaten Bima ini. Kami berharap kegiatan tidak berhenti di sini atau tetap berlanjut pada tahap-tahap selanjutnya. Ungkap salah satu peserta. kemudian pengetahuan peserta pada umumnya luar biasa telah memberikan kesimpulan yang sangat sistematis dan poin-poin yang substantif. Penyampaian dari para materi diungkapkan kembali pada refleksi ini, kemudian mereka akan menerapkan ilmu yang didapatkan dari latihan ini ketika turun lapangan dalam rangka memberikan pencerahan kepada masyarakat (MG98)


Popular Posts

Blog Archive